oleh

Penjabat Walikota Tomohon Kembali Tinjau Semburan Lumpur di Tondangow

-Tomohon-23 views

TOMOHON, beritamanado.com – Penjabat Walikota Tomohon Drs Sanny Parengkuan kembali meninjau lokasi semburan lumpur di Kelurahan Tondangow Kecamatan Tomohon Selatan Sabtu (23/01/2016). Dalam kunjungannya kali ini, Parengkuan didampingi ahli Geologi dari Universitas Gajah Mada Ir Pri Utami MSc PhD.

Parengkuan mengatakan, semburan lumpur ini sudah selesai dan normal, untuk itu masyarakat tak perlu takut dan kawatir tetapi berktivitas seperti biasa. Selanjutnya fungsi dari sumur 24 yang berseberangan dengan lokasi masalah ini tentu akan dilihat lagi ke depan dan terus dipantau oleh petugas. “Kepada masyarakat kalau terjadi hal-hal di luar dugaan agar melapor kepada pihak terkait,” katanya.

Sementara itu, Pri Utami mengungkapkan kalau ada perubahan manifestasi di lokasi diharapkan untuk segera berkoordinasi antara pemerintah dan pihak PGE Lahendong. Kemungkinan penyebabnya dari adanya semburan ini kata Utami adalah kombinasi antara alam dan kemungkinan adanya perubahan yang bersifat alami.

“Kemungkinan retakan dari sumur, serta kemungkinan dari uap air panas yang merembes keluar,” ujarnya sembari mengajak masyarakat selalu berkoordinasi dengan pihak terkait jika melihat kejadian seperti ini lagi sambil terus mengajak manfaatkan energi panas bumi dan meminimalisirkan dampaknya serta memantau tempat-tempat pariwisata yang berhubungan dengan panas Bumi.

Turut dalam kunjungan ini Asisten Ekonomi dan Pembangunan Ronni Lumowa SSos MSi, Asisten Administrasi Umum Ir Harold Lolowang MSc, Kabag Humas dan Protokol Fransiskus Lantang SSTP, Kabag SDA Adeline Poluan, Camat Tomohon Selatan Ronny Mampouw dan Lurah Tondangow Tamboto Kaligis. (ray)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed