oleh

Bupati FDW Hadiri Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Kementerian ESDM RI

AMURANG, wartasulut.com – Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH menghadiri kegiatan Sosialisasi Feasibility Study (FS) dan Basic Engineering Design (BED) Pemanfaatan Sampah Kota Menjadi Refused Derived Fuel (RDF) atau Solid Recovered Fuel (SRF) Di Kabupaten Minahasa Selatan, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, bertempat di Hotel Aston Manado, Senin (05/06/ 2023).

Peserta kegiatan ini adalah Direktur Bioenergi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Ir Edi Winowo MT yang hadir secara daring, Koordinator dan Kerjasama Bioenergi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Trois Dilisusendi, Kepala Balai Besar Survei dan Penelitian Ketenaga-listrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM yang diwakili oleh Ikrar Aldilah.

Selaku Sub Koordinator yang hadir secara daring, Asisten Deputi Pengelolaan Sampah dan Limbah Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Bpk. Rofi Alhanif yang hadir secara daring, Direktur Pengelolaan Sampah Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, Bahan Beracun dan Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang diwakili oleh Nixon Pakpahan selaku Pejabat Madya yang hadir secara daring, Direktur Sanitasi Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementeran Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI yang diwakili oleh Ibu Tera selaku Sub Koordinator Sanitasi yang hadir secara daring, Direktur Manajemen Proyek dan Energi Terbarukan PT. PLN yang hadir secara daring, EVP Energi Baru Terbarukan PT. PLN Cita Dewi yang hadir secara daring, Direktur Biomassa PT. PLN Energi Primer Indonesia yang diwakili oleh Anita yang hadir secara daring, Direktur Utama PT. Nusantara Power yang diwakili oleh Muhammad Admaji Abdullah selaku General Manajer PLTU Amurang, Manajer PLN UPDK Minahasa Andreas Arthur, serta jajaran Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian ESDM.

Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa terkait pertemuan saat ini harus ditindaklanjuti sesuai dengan rekomendasi dalam laporan juga dengan beberapa catatan dalam pertemuan antara lain peningkatan pelayanan persampahan, penyediaan dokumen dokumen yang diperlukan. “Agar supaya apa yang kita rencanakan boleh terlaksana dan bermanfaat bagi pemerintah  dan masyarakat Kabupaten Minahasa Selatan,” ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Bupati Minahasa Selatan, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala BKAD, Kepala Bapenda, dan Kepala Dinas Kominfo. *denny wowor

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed