oleh

Bupati FDW: Aplikasi Biosaka Tingkatkan Produktifitas Tanaman Pertanian

AMURANG, wartasulut.com – Bupati Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) Franky Donny Wongkar SH, menghadiri Kegiatan Demo Pembuatan dan Aplikasi Biosaka di Kecamatan Ranoyapo, bertempat di Batukurung Farm, Desa Poopo Kecamatan Ranoyapo, Kamis (08/07/2023).

Dalam kegiatan ini, Bupati juga ikut mendemostrasikan pembuatan Biosaka dan cara mengaplikasikan ke tanaman. Selain itu, Bupati menyerahkan bantuan bibit jagung secara simbolis kepada perwakilan kelompok tani serta penghargaan kepada Melisa Sabrina Sakul SP, yang boleh meraih gelar Duta Muda Pertanian (Young Ambasador YESS) Tahun 2023 utusan Kabupaten Minahasa Selatan dan menjadi perutusan Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar SH, menyampaikan bahwa produk Biosaka ini ditemukan oleh petani dan produk ini sudah diterapkan di beberapa kecamatan dan mendapatkan hasil yang baik untuk pertumbuhan tanaman.

“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Minahasa Selatan yang naik tahun ini kontribusi terbesar adalah dari sektor pertanian, ini sejalan dengan Program Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara yaitu Marijo Ba Kobong dan Program Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan yaitu Marijo Ba Tanam. Kita harus bersahabat dengan lingkungan, menjaga dan merawat lingkungan,” kata Bupati FDW.

Selanjutnya Bupati menghimbau kepada para petani di Minahasa Selatan untuk terus menggalakkan dan mengoptimalkan kegiatan pertanian. “Para pejabat pemerintah harus menjadi motor penggerak serta menjadi teladan bagi mansyarakat,” ungkapnya.

Diketahui, Program upland yang sedang dilaksanakan  di Kecamatan Modoinding merupakan hasil lobi dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan dibawah Komando Bupati Franky Donny Wongar SH, yang dimana para petani mendapatkan bantuan-bantuan bibit, pupuk serta Alsintan secara gratis sangat bermanfaat bagi para para petani.

Mengakhiri sambutannya Bupati menghimbau agar momentum tahun politik tetap menjaga keamanan dan ketertiban wilayah. “Pemerintah setempat Camat, Hukum Tua harus terus berkoordinasi  dengan Kapolsek dan Danramil, agar masyarakat hidup rukun-rukun, baku-baku bae, baku-baku sayang, ciptakan suasana kondusif, saling membantu dan tolong menolong antara kita,” pesan Bupati.

“Mari dukung program pemerintah lebih khusus program di bidang pertanian, mari bekerja sama dgn pemerintah untuk mewujudkan kesejahteraan petani khususnya dan masyarakat di Kabupaten Minahasa Selatan pada umumnya,” tutup Bupati FDW. *denny wowor

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed