oleh

Penghujung Akhir Tahun 2023, DPRD Sulut Gelar Reses

Sulut, Wartasulut.com — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara telah memulai Reses ketiga di tahun 2023. Kegiatan akan berlangsung mulai tanggal 10 hingga 15 Desember.

Setelah selesai menjaring aspirasi masyarakat dari ranah Sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah (Sosranperda) dan Sosialisasi Kebangsaan (Sosbang) pada beberapa bulan belakangan, kali ini anggota dewan bisa fokus menampung keluhan, masukan, dan permintaan konstituen dengan skop yang lebih luas.

Dimana aspirasi yang dijaring bisa terkait persoalan-persoalan di lingkungan tempat tinggal masyarakat, kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kabupaten kota.

Topiknya pun sering beragam. Baik masalah insfrastuktur, suprastruktur, dan sektor-sektor kehidupan bermasyarakat yang ada.

Salah satu anggota DPRD Sulut yang telah mengawali Reses adalah Arthur Kotambunan, Tony Supit, Agustien Kambey, Herol Kaawoan, dan Stella Runtuwene.

Selaku Legislator dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Manado, Arthur memulai agendanya dari Kelurahan Dendengan Dalam lingkungan dua dan tiga. Kemudian dilanjutkan di Kelurahan Kampung Merdeka.

Banyak hal yang dibahas Arthur bersama masyarakat. Mulai dari antisipasi cuaca ekstrem jelang hari Natal dan tahun baru, hingga kebersihan lingkungan. dana lansia, dana duka, dan pendataan warga kurang mampu.

“Warga harus meningkatkan kewaspadaan dengan kondisi akhir-akhir ini. Terutama dengan cuaca ekstrem yang bisa mendadak melanda kota kita,” imbau Arthur kepada konstituen.

Mereka juga mengevaluasi soal dana lansia, dana duka, dan pendataan warga kurang mampu.

“Masyarakat penerima bantuan jangan lupa untuk mengecek dan memastikan, bahwa kalian terdata dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) sebagai penerima bantuan tunggal,” tambah anggota dewan dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut.

Selain Arthur, anggota dewan yang lain juga memulai dari Dapilnya masing- masing; Tony Supit mengadakan Reses di Desa Humbia, Kecamatan Tagulandang Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Agustien Kambey di Kelurahan Teling, Kota Manado,

Ada juga Stella Runtuwene yang mengunjungi masyarakat di Kabupaten Mihahasa Selatan dan Herol Kaawoan di Desa Winangung Atas, Kecamatan Pineleng, Kabupaten Minahasa.

Sebagai penutup agenda-agenda strategis DPRD Sulut di 2023, pelaksanaan Reses telah ditetapkan dalam rapat Badan Musyawarah (Banmus) pada 4 Desember 2023.

Rapat melibatkan Legislator yang tergabung dalam Banmus dan jajaran Sekretariat DPRD Sulut. Salah satu hasil kesepakatan juga mengatur soal jangka waktu pelaksanaan Reses.

Berbeda dengan agenda-agenda lain yang sifatnya kontrak, seperti perjalanan dinas dan pertemuan-pertemuan lainnya; masih bisa diperpanjang hingga 30 Desember 2023.

Namun untuk Reses harus digelar hingga 15 Desember 2023. Tidak boleh melewati tanggal tersebut. 

(Advetorial)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed